Pages

WISATA MENARIK NAN CANTIK DI KALIMANTAN TIMUR

Monday, February 16, 2015
1.Kepulauan DERAWAN

Derawan adalah surga tropis yang sempurna. Sinar Matahari yang hangat berpadu dengan pemandangan pantai pasir putih nan halus, pohon kelapa yang melambai, serta laut jernih yang berubah warna dari hijau ke biru kobal. Kehidupan bawah laut di sini luar biasa, Anda akan temukan kura-kura raksasa, lumba-lumba, ikan pari, duyung, barakuda, serta ubur-ubur stingless. Ikan Hiu Derawan di sini merupakan salah satu keragaman hayati yang berharga. Dengan kekayaan bawah lautnya maka tidak mengherankan apabila kemudian Derawan dikenal sebagai salah satu tujuan wisata menyelam terbaik di dunia.

Berada tak jauh dari daratan Kabupaten Berau di Kalimantan Timur, kepulauan Derawan terdiri dari 31 pulau dan yang paling terkenal di antaranya adalah Pulau Derawan, Maratua, Sangalaki, dan Kakaban. Di sini bersarang kura-kura hijau langka dan juga penyu sisik. Anda dapat menyaksikan setiap hari penyu bertelur di pasir atau berenang ke laut bersama kura-kura. Seluruh wilayah konservasi laut ini luasnya tidak kurang dari 1,27 juta hektar.
 Ada 460 jenis karang dan ini terbanyak kedua setelah Raja Ampat di Papua Barat. Di Derawan setidaknya ditemukan lebih dari 870 jenis ikan mulai dari kuda laut kerdil hingga pari manta raksasa. Dalam beberapa hari, sekelompok pari manta ini dalam jumlah banyak hingga 50 ekor dapat Anda lihat sedang makan bersama di perairan Derawan.
Di Kakaban, Anda dapat menemukan danau ubur-ubur terbesar dan paling beragam di dunia, termasuk empat spesies unik ubur-ubur stingless  yang dapat berenang terbalik. Inilah alasanya mengapa Kakaban dipertimbangkan menjadi nominasi Situs Warisan Dunia UNESCO.

Kepulauan Derawan memiliki sejumlah spesies unik dan dilindungi, di antaranya adalah kepiting kelapa, ikan paus, lumba-lumba, dan duyung. Kepiting kelapa ditemukan di dekat Pulau Kakaban dan Maratua, sementara paus dan lumba-lumba di bulan-bulan tertentu dapat Anda lihat di sekitar Semama, Sangalaki, Kakaban dan Maratua. Duyung berenang di sekitar Pulau Panjang dan Semama, sementara pari manta ditemukan di sekitar Sangalaki. Kuda laut kerdil ada di sekitar Semama dan Derawan. Spesies yang dilindungi lainnya adalah barakuda .

TIPS
Tidak ada cara lebih baik untuk mendapatkan keindahan bahari Derawan kecuali mencelupkan diri ke bawah lautnya, baik itu dengan menyelam ataupun sekadar snorkeling. Melengkapi istirahatnya Anda bisa menikmati hamparan pasir di Gosong yang letaknya hanya 5 menit dari Pulau Derawan.

TRANSPORTASI
Untuk menuju Derawan dapat dituju melalui penerbangan ke Balikpapan di Kalimantan Timur dari Jakarta, Surabaya atau Denpasar dengan Garuda Indonesia. Berikutnya Anda dapat mengambil penerbangan penghubung dengan Garuda Indonesia, Kalstar, Deraya atau DAS ke Tanjung Redep di Berau. Dari sana berikutnya kapal akan mengatar Anda ke Kepulauan Derawan.

2. Penangkaran Buaya ;Teritip
 
Pusat penangkaran ini merupakan objek wisata yang aman menarik untuk keluarga. Lokasinya yang luas dan teduh serta memiliki aulanya yang besar, sangat nyaman dan memungkinkan Anda untuk beristirahat, makan dan minum selama piknik bersama keluarga tercinta.
3. Pantai Manggar Segarasari
 
  Pantai Manggar Segarasari yang terletak di Kota Balikpapan, tepatnya di Kelurahan Manggar  dan Teritip. Pantai Manggar Segarasari atau lebih dikenal dengan sebutan Pantai Manggar saja, merupakan  salah satu tujuan wisata favorit yang cukup melegenda dan merupakan pantai kebanggaan masyarakat Kota Balikpapan.
4. Sangalaki:Surga Bawah Laut Kepulauan Derawan
 5. Maratua Island
lau Maratua adalah salah satu dari 4 pulau paling terkenal di Kepulauan Derawan yang totalnya 31 pulau. Tiga pulau lainnya adalah Pulau Derawan sendiri, Pulau Sangalaki, dan Pulau Kakaban. Karena keindahannya, pulau cantik ini disebut-sebut sebagai pulau surga (paradise island).

Pulau Maratua berada di posisi terluar Indonesia, yaitu di Laut Sulawesi yang berbatasan dengan negara Malaysia dan Filipina. Secara administrasif, pulau Maratua merupakan bagian dari wilayah Kecamatan Maratua, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur yang baru dibentuk pada 2003.
Tertarik untuk mengunjungi tempat tersebut.
Kontak Kami 085215568772
email :rannisatourstravel@gmail.com


source:wonderfulindonesia  

No comments:

Post a Comment